Sunday, March 30, 2008

BANTU MAMA DI DAPUR






Selama ini Kira-Ziya udah sering bantu mama di dapur lho..meskipun baru dapam taraf niat dan usaha hehehe.. alias hasilnya malah sebaliknya, mama yang malah lebih banyak bantu Kira-Ziya membereskan rumah karena sayur jadi bertebaran di mana-mana atau gula pasir dan teh yang berserakan di mana-mana :-)

Beberapa hal yang pernah kita lakukan bersama-sama antara lain: menumbuk pinggiran roti yang udah mama sangrai kering sebelumnya sehingga jadi bubuk tepung roti (buat melapisi risoles), membantu mama menghitung jumlah risoles dan popia, memecahkan buah pala dan keluwek untuk bikin sop dan rawon, menyiang bayam-kangkung-kacang panjang, mengocok gula dalam teh hangat, mengocok kopi buat papa, dan sebagainya.

Kemarin ini mama iseng nih, pingin bikin lontong alias ketupat praktis...yaaa variasi dikit lah,..selama ini kan makan nasi dan lauk-pauknya, lontong n the gank kan biasanya hanya hari spesial seperti lebaran...ceritanya bikin kejutan buat papa gicuuu...
Eh, persediaan di kulkas ternyata cuma ada serba sedikit. Baru inget memang mama belum beli sayur. Jadi mama jadikan satu deh buncis sedikit+labu siam sedikit+kacang panjang sedikit menjadi gulai nggak terlalu pedes untuk kuah lontongnya, bikin acar dengan wortel yang tinggal setengah dan timun yang tinggal setengah plus cabe rawit, sambel goreng ati-kentang, goreng ayam dan krupuk (nggak lupa kuah pecel-berhubunga nggak ada bumbu pecel yang kering, ya yang ada ajalah, bumbu pecel yang udah mama ramu dan simpen di kulkas sebagai stock). Mumpung Oma masih di sini, kesempatan mama belajar sampai mahir nih bikin ketan serikaya,..(meski hasilnya akhirnya masih belum mahir juga hihihihi)


Nah, kalau mama buka kulkas nih, biasanya Kira-Ziya ikut nongkrong di belakang dan samping mama,..daripada para bidadari semakin penasaran dan semakin heboh kalau nggak diijinkan berpartisipasi, mama ajaklah Kira-Ziya 'membantu mama' seperti biasa. Yuk, nak, kita main masak-masakan...!

Mama siapkan dua buah tempat yang isinya lengkap masing-masing: ada buncis, kacang panjang, labu siam, bahkan daun sup dan apa aja yang bisa mama temukan untuk bahan masakan para bidadari. Sambil mama masak di dapur, Kira-Ziya masak juga di kamar bermain di seberang dapur.

Itu sayur diputer-puter, diulek, dipencet, digosok-gosokkan ke piring mainan, dipotong-potong pakai pisau mainan, pakai pensil warna, dan pakai benda apa saja yang bikin penasaran, lalu pura-pura saling menyuapkan, termasuk menyuapkan mama, oma, mickey mouse, pooh dan moni.

Lucu deh memperhatikan bagaimana para bidadari memasak sambil nggak berhenti ngobrol berdua, ada aja yang bisa bikin mama masak sambil senyum hihihi:
"Kira-Ziya lagi masak apa?", sesekali mama iseng ngintip
"Masak sayul sawi dan toge!"
"Ooo,..sudah pakai garam?"
"Sudah,..pakai galam sedikit, pakai gula juga sedikit..", kata Kira
"Siip! Pasti syedaapp.."

Pinterrr... Kira-Ziya inget dan memperhatikan ternyata kalau selama ini main masak-masakan mama sering bilang tambah garam sedikit,..tambah bumbu ini sedikit,..itu sedikit...dan kelihatannya cara memotong dan memegang pisaunya juga udah mulai bener lho..


"Kilaaa! Awas jangan dekat-dekat, nanti kepelciiikkk (kepercik) minyaknya panas!", Ziya ingat kalau mama lagi goreng sesuatu pasti melarang para bidadari dekat-dekat dapur

"Ini Kila,.. coba deh,.. dimakan,..", Ziya pura-pura menyuapi Kira
"Hmmm enak,.." Kira pura-pura makan
"Jangan benelan(beneran), Kila!..Ini kan belum masak! Jadi makannya pula-pula aja,.."
Huehehehehe,..


Mama biarkan Kira-Ziya sampai puas main masak-masakan,.. lalu mama dengar lagi para bidadari ngobrol berdua,
"Kalau sudah besal, Kila-Ziya nanti kan bantu mama masak benelan, pakai pisau benelan,.."
"Iya,.. yang ini kan pula-pula, pakai pisau anak kecil kalena kita masih kecil..."


Anyway, Ini nih hasil cemplang-cemplung dan icip-icip feeling so good mama kemarin itu,
Lontong lengkap mama,


sambel goreng ati,


Ketan serikaya mama,


Mantebbb nggak, 'Pa?

Kira-Ziya seperti biasa langsung ludes menyerbu ketan, nggak puas pakai sendok lanjut pakai tangan euy.. Ohya, kali ini selain lontongnya, Ziya juga mulai suka kuah gulai yang memang mama buat nggak terlalu pedas itu. Sip deh...Slllrrruuuppppp!

No comments: