Wednesday, December 24, 2008

BELAJAR NAMA-NAMA BENDA


Ide ini dari salah satu halaman bukunya mbak Arleen Amidjaja, "101 Fun and Mind Stimulating Things to Do With Your Kids(2-6 years)".

Sebelumnya Kira-Ziya sudah hafal lagu A-B-C, tapi belum belajar membaca secara khusus. Untuk melatih bahasa Inggrisnya, selain sering mengajak para bidadari ngobrol dalam bahasa Inggris, mama pikir hal ini asik juga dilakukan.

So, mama potong-potong kertas, tulis besar-besar dengan spidol nama-nama benda yang ada di rumah kita (masing-masing nama dibuat dobel tentu saja hehehe), lantas minta Kira-Ziya berlomba menempelkannya di masing-masing tempat yang sesuai dengan selotip.

Seru juga, apalagi Kira-Ziya belum begitu paham bacaannya. Tapi pelan-pelan kita pelajari dan sering diulang-ulang, sim sa la bim! Rumah kita tambah cerah dengan kertas warna merah di mana-mana!
Untuk beberapa waktu nama-nama itu bisa pindah di mana-mana, kadang Kira ingin kata "window" dipasang di jendela kamar bermain sedang Ziya ingin dipasang di jendela kamar tidur kita. Begitu juga "wall", menurut Kira kata itu paling tepat ditempel di dinding depan kamar bermain sedang bagi Ziya lebih asik di dinding ruang seterika.
Untuk tempat-tempat yang sulit (Kira-Ziya kadang ingin menempelnya di bagian atas kaca atau sebagainya), para bidadari perlu bantuan mama untuk menggendong atau memanjat kursi. Sampai hari ini (kira-kira udah 3 bulanan sejak kita tempel) kertas warna merah itu masih bertengger di mana-mana dengan kondisi nggak karuan alias compang camping kena gunting, terlipat, melengkung dan tercorat-coret spidol hehehe..


No comments:

Bunga-Bunga Cantik Sepanjang Liburan Masih ingat ya, dengan cerita mama tentang bunga-bunga cantik di sini Nah, ini beberapa pohon d...