Monday, July 14, 2008


POHON DAN SIPUT KERTAS

Ketika belanja di supermarket, mama nggak melewatkan sebuah toko perlengkapan alat tulis cukup lengkap yang ada di salah satu sisi koridornya.


Begitu melihat mama memilih begitu banyak kertas warna-warni dan cardboard (atau polyboard? atau apa ya namanya, mimi? Yang bentuknya kayak lembaran kardus dikeletek satu sisinya itu lho,..kayaknya pas kuliah mimi pernah make juga untuk salah satu tugas desain deh,..dan pas kuliah kayaknya banyak juga temen mama yang make kertas jenis itu buat bikin maket tugas akhir arsitektur), papa terheran-heran,
"Untuk apa, ma?"
"Untuk bikin prakarya dongg...."
"Oooo....."
Ketika melewati toko kancing dan pita, mama kemudian mampir lagi membeli beberapa manik-manik dan pita. Papa tanya kembali, kali ini bersamaan dengan pertanyaan Kira-Ziya,
"Untuk prakarya juga ya, 'Ma?"
"Iya dong..."
Nah, ini dia yang kita bikin dengan benda warna-warni itu!
Idenya seperti biasa, pernah lihat di salah satu buku art and craft di toko buku, lupa judulnya, meski nggak sama persis, ya soalnya mengikuti sarana dan prasarana yang ada di rumah dan memberdayakan apa yang bisa diberdayakan gitu lho,..
Intinya ya be creatif and fun kan..:-)
Mama selalu senang melihat kerlap-kerlip di mata para bidadari kalau lagi excited tiap kali bikin prakarya, bermain dan belajar bersama.. selalu memberi mama energi lebih dan lebih lagi,..baru dan baru lagi! Yeah! Kalian adalah inspirasi, 'Nak :-), SELALU!


Untuk batang, gunting satu sisi kertas berwarna dengan jarak rapat, lalu gulung dan tarik ujung tengahnya ke atas(hingga didapati bentuk meruncing ke atas atau setidaknya bagian bawah lebih besar dari bagian atas), lalu beri selotip.

Untuk Daun, gunting kertas berwarna mengikuti bentuk daun sesuai keinginan dan beri tangkai (mama pakai sedotan yang dibelah dua lalu daun kertas itu diselipkan dan diselotip).


Untuk bunga, dibuat dari kertas warna-warni itu juga, gunting memanjang, lalu lipat dan potong satu sisinya dengan jarak rapat, buka kembali, dan lem mengelilingi tangkai sedotan. Sebetulnya paling asik bikin bunga begini dari kertas krep ya, pasti akan lebih luwes bentuknya.

Untuk siput, ambil cardboard atau apalah namanya (kertas kardus aja kali lebih pas ya), gunting membentuk segitiga panjang, lalu gulung seperti bentuk siput, beri selotip dan beri antena dari potongan sedotan untuk melengkapinya.

Ambil kotak pasta gigi, potong setengah atau sesuai keinginan, dan letakkan batang dengan selipan bunga, daun di sisi-sisinya, plus siput sebagai hiasannya.
sebelum akhirnya masing-masing komponen cerai-berai, terselip di suatu tempat entah di mana hehehe, seperti biasaaa...

No comments: