Wednesday, April 23, 2008


LABA-LABA SEDOTAN DAN KOTAK PASTA GIGI

Hari itu sebenarnya mama mau mengajak Kira-Ziya main sedotan. Belum punya ide apa-apa sih, baru hendak mengeksplorasi dan sedang mikir-mikir sampai ketika itu Mama melihat potongan kotak pasta gigi yang pernah disimpan Oma di atas rak piring.
Hmm..gimana kalau kita buat laba-laba?

Membuat prakarya bersama para bidadari memang nggak mudah. Di usia 2 tahun 4 bulan, pastilah naluri ingin tahu para bidadari sedang puncak-puncaknya, begitu pula dengan ketidaksabaran menunggu sesuatu sampai selesai. Jadi, mama usahakan mengikutsertakan para bidadari dengan menutup mata pada hasil akhirnya tapi membuka peluang sebesar-besarnya dalam proses pembuatannya. 

Kalau di tengah jalan tiba-tiba ada yang saling rebutan dan berantem, mau nggak mau aktifitas berhenti sejenak, dilanjutkan saat kondisi memungkinkan setelah reda atau lain waktu. Kalau ide awal harus berubah karena Kira-Ziya nggak sabar menunggu semua selesai, mulai mengambil semuanya dari tangan mama dan membuat prakarya sesukanya atau terlanjur tidak ingin melepas benda setengah jadi dari dekapannya, ya sudah, sampai disitu prosesnya hehehe..

Jadi, dalam mengajak Kira-Ziya bermain sambil belajar, mama usahakan waktu pengerjaannya sesingkat mungkin.
Nah, laba-laba ini termasuk simpel. Kepala yang satu mama buat dari potongan kota pasta gigi, yang lain dari potongan kotak obat. Kaki-kakinya mama buat dari 8 buah sedotan yang salah satu sisinya bisa bengkok. Kotak pasta gigi dan kotak obat dibolongi begitu saja kedua sisinya. Ditempeli kertas warna-warni dan digambari mata-hidung-mulut. Masukkan 4 buah sedotan ke masing-masing sisi, lalu beri selotip bagian dalamnya agar tertahan dan tidak lepas dari kotaknya.
Jadilah laba-laba lucu dengan kaki-kaki panjang yang fleksibel.. :-)
Kira-Ziya memainkannya sambil cekikikan, berlarian mengejar mama dan nggak ketinggalan nyanyi,
"..incy wincy spirder climb up the water spout,...na-na-na-na.. "

No comments: