Wednesday, May 21, 2008


KALAU NANGIS...


Kalau Kira-Ziya luka atau gatal atau kenapa-napa, biasanya kita punya ritual tersendiri. Kira-Ziya akan duduk di pinggir tempat tidur di kamar, lalu mama mengoleskan minyak tawon/minyak kayu putih/minyak butbut di bagian yang luka sambil berdoa (diikuti para bidadari) agar lukanya segera sembuh. Lalu mama bilang ke para bidadari supaya jadi anak yang kuat dan yakin bahwa lukanya akan segera sembuh, jadi bisa senyum lagi. Sebab kalau Kira-Ziya sedih, mama juga akan ikut sedih, kalau Kira-Ziya senyum, mama juga akan ikut hepi.

Kemarin ketika menangis karena berantem sama Kira, Ziya sambil sesenggukan memeluk mama,
"Uhuhuhuhu,...!"
"Udah sayang, jangan nangis dong,..", mama menenangkan.
"... kalau anaknya nangis, mama ikut nangis ya?", Ziya masih sesenggukan
"Iya nak,.."
"Kalau anaknya sedih, mama juga ikut sedih ya?"
"Iya, sayang...", mama memeluk sambil menghapus air mata Ziya
"Kalau anaknya sakit, mama juga ikut sakit ya?"
"Iya, makanya anak mama jangan sakit ya.."
"Iya,..uhuhuhuhu,.."

Lalu tiba-tiba Ziya diam. Berhenti sesenggukan. Memikirkan sesuatu. Lantas menatap mama sambil menyelidik lirih,
"Kalau anaknya gatal,.. mama ikut gatal juga nggak?"
Gubraaakkkk!

Walah! Ini pertanyaan susyaah amat yak, ada-ada aja.. mau dijawab 'iya' artinya bohong, mau dijawab 'enggak' bisa jadi bikin Ziya dan Kira bingung (parahnya Kira yang saat itu sedang baca buku tiba-tiba berhenti ikut menunggu jawaban mama). Jadi mama senyum aja tanpa menjawab pertanyaan itu, tapi gelagapan juga dan merasa tak berdaya,
"mm.. uh...mmm...eh, gimana kalau kita makan pepaya! Mama udah kupaskan buat Kira-Ziya tadi lho,.."
Kira-Ziya menyambut ide itu. Nggak bertanya lagi. Asik makan pepaya!

1 comment:

unil said...

"Kalau anaknya gatal,.. mama ikut gatal juga nggak?"

wahahahahahahah....:D pertanyaan lucu
hmmm mungkin bisa bilang....
"kalo anaknya gatal, mamanya kasih minyak tawon sambil doain biar ngga gatal lagi..........kalo dua2nya gatal...ntar siapa dong yang kasih minyak tawonnya.....?" ahahahahahahahahaha

polosnya KiraZiya.....:D