Wednesday, February 20, 2008

TUMBUH


Saat sedang membersihkan lemari dapur dan kulkas, mama dapat ide untuk mengajak para bidadari belajar tentang pertumbuhan. Yang sederhana aja sih, meski belum tentu dipahami, senang aja melihat mata-mata jernih itu terpesona mengamati bagaimana setiap hari ada yang tumbuh, kembang dan menjadi besar, seperti halnya Kira dan Ziya sendiri.

Hari itu mama kumpulkan beberapa butir kacang-kacangan: kacang merah, kacang hijau, kacang tanah, kacang kedelai. Mama ambil gelas plastik dan alasi dengan kapas tipis yang lembab. Mama beri label nama masing-masing buat Kira dan Ziya, lantas meletakkannya di bawah kaca jendela kamar mandi supaya dapat sinar matahari dan cepat tumbuh.













Sambil menyiapkan perlengkapannya, mama teringat masa SD dulu. Mama paling suka pelajaran IPA, terutama kalau ada praktikum, karena menarik dan memuaskan rasa ingin tahu, bisa melihat langsung apa yang terjadi secara nyata bukan hanya teori.

Ketika bu guru meminta para murid melakukan percobaan menanam kacang-kacangan di dalam botol kaca dan meletakkannya di bawah tempat tidur, setiap hari mama deg-degan, berharap melihat keajaiban dan mencatatnya. Seneng banget bisa melihat sebutir kacang punya tunas, lantas tumbuh tinggi sekali melampaui mulut botol kaca itu. Akan semakin tinggi kalau lebih dalam disembunyikan ke bawah tempat tidur, sebab ia mencari sinar matahari, hingga menjulur-julur batang dan daunnya. Setelah percobaan selesai, di lain waktu mama sering melakukannya sendiri di rumah, mencoba dengan aneka biji kacang-kacangan yang diambil dari dapur oma. Mama selalu takjub melihat proses tumbuh, excited banget memulai lagi, melihatnya tinggi, semakin tinggi. Pernah coba memindahkannya ke tanah, tapi gagal hehehe.














Saat melakukan percobaan (yang sudah berulangkali mama lakukan ketika SD dulu) untuk diamati Kira-Ziya, mama masih saja takjub. Betapa dalam sehari batang kacang itu bisa tumbuh demikian cepat! Siang tingginya masih sebatas 1 cm dibawah mulut gelas. Namun sore hari batangnya sudah menjulur jauh ke atas dan mulai bungkuk karena keberatan beban! Ini baru siklus kehidupan yang sederhana, bagaimana dengan siklus kehidupan yang lebih lengkap dan lebih besar lagi? Betapa luar biasa Dzat yang menciptakan dan mengatur seluruh proses kehidupan ini ya? Allahu Akbar.
Semoga meski belum betul-betul memahami apa yang diamati, Kira-Ziya bisa bermain sambil belajar ya. We did have fun, right girls? Kalau sudah lebih besar nanti, kita akan ulangi lagi percobaan ini deh :-)






No comments:

Bunga-Bunga Cantik Sepanjang Liburan Masih ingat ya, dengan cerita mama tentang bunga-bunga cantik di sini Nah, ini beberapa pohon d...