Tuesday, February 05, 2008

HOREE CUCIAN MAMA NGGAK BANYAK LAGI !

Ok. Ini hari penting bersejarah dalam perkembangan para bidadari mama-papa nih. Tadi pagi untuk pertama kalinya Kira-Ziya ke sekolah tanpa diapers! Yeah!

Sejak bayi di rumah Kira-Ziya memang nggak pakai diapers kecuali ada acara khusus, mau ke dokter atau bepergian jauh. Oma yang menjahitkan lemek atau popok kainnya dulu dan masih mama simpan sampai sekarang sebagian. Ketika usia 9.5 bulan Kira mulai jalan, disusul Ziya beberapa hari kemudian, mama mulai berpikir untuk memakaikan diapers demi keamanan (khawatir terpeleset oleh pipisnya sendiri), meski tidak setiap hari dan setiap saat.

Menginjak usia 1 tahun mama dan papa mulai mengenalkan toilet training. Tapi ya itu, kalau lagi mood Kira-Ziya mau bilang dan mau didudukkan di kloset, tapi kalau lagi nggak mood biasanya bilang mau pipis atau pupinya ya pas udah kebelet dan kalau kelihatan mau pupi pun lebih sering menolak didudukkan di kloset sambil teriak-teriak histeris.

Ketika usia 1.5 tahun, keberanian dan kemauan untuk menyampaikan ke mama dan papa udah makin sering. Dan sejak Oma datang awal Januari kemarin ini, Kira-Ziya udah ke mana-mana keluar rumah nggak pakai diapers, kecuali kalau ke sekolah atau bepergian jauh (naik taksi atau LRT).

Nah, sejak sebulan terakhir cucian mama mulai sedikit nih horee! ..Sebab Kira-Ziya udah makin terbiasa bilang ke mama-papa-oma kalau mau pipis atau pupi, termasuk kalau terbangun malam hari. Bisa dihitung deh bener-bener kebelet dan belum sempat bilangnya, itu juga mungkin karena kondisi aja. Setiap pakai diapers biasanya di tengah jalan Kira-Ziya akan bilang kalau mau pipis. Dan setiap kali sampai rumah, ketika dicek diapersnya malah hampir selalu kering. Mungkin karena udah terbiasa, jadi risih juga kalau pipis begitu aja meskipun ada diapers ya.

So, setelah 3 minggu istirahat di rumah karena bergantian batuk berat, Kira-Ziya kemarin masuk sekolah lagi. Dan hari ini mama-oma coba nggak memakaikan diapers. Mama dan oma yakin semua akan baik-baik saja dan melihat perkembangan terakhir sepertinya memang udah masanya untuk hal ini.

Hasilnya? Ketika ingin pipis di kelas tadi pagi Ziya bilang sambil berbisik di telinga mama "Ma..Ziya mau pipis..", dan kita ke toilet bersama-sama. Sementara Kira sama sekali nggak pipis karena sebelumnya udah di rumah.

Hebat kan! Wow! I'm so proud of you, Kira-Ziya! Kalau mama ceritakan nanti di sms atau pas pulang kantor, papa pasti juga akan sangat bangga! Oma angkat jempol lho tadi! Siip! Selamat ya sayang, udah tambah pinter. Kira-Ziya udah besar sekarang. Udah 2 tahun 3 bulan kan. Wah,.. mama bangga sekali. We love you so much, sayang! Mmuuuaaahhhh!




1 comment:

unil said...

kyaaaaaaaaa....hebat na......:)
makin pinter2 aja nih KiraZiya....hehehe

cup! big kiss from mimi ^*^

Bunga-Bunga Cantik Sepanjang Liburan Masih ingat ya, dengan cerita mama tentang bunga-bunga cantik di sini Nah, ini beberapa pohon d...