Wednesday, January 02, 2008

IDUL ADHA BERSAMA EYANG


Seminggu setelah Idul Fitri pertengahan Oktober lalu, kita semua berlibur ke Jakarta, Indonesia. Tanah air tercinta yang sudah 4 bulan ditinggalkan. Rasanya kangeeeennnn banget dengan semuanya. Alhamdulillah perjalanan lancar sampai kembali lagi ke Kuala Lumpur, Malaysia. Nanti cerita lengkapnya mama rangkum deh ya. Sekarang mama mau cerita tentang Idul Adha dulu.

Kembali dari Jakarta, Eyang Kira-Ziya, mama-nya papa, ikut bersama kita ke KL. Kita semua tentu senang sekali. Asiknya, ketika Idul Adha akhir Desember lalu kita nggak sendiri sebab bisa merayakannya bersama Eyang.

Mama menyiapkan semuanya menjelang sore, malam Idul Adha. Tadinya mau mulai nanti saja ketika para bidadari mulai tidur malam. Tapi mama pikir, daripada nanti terburu-buru dan malah nggak beres, lebih baik dimulai nyicil dari sore. Sebtulnya hari itu mama minta tolong papa untuk beli santan di supermarket sepulang kantor, tapi ya nggak apa pakai yang ada aja dulu. Alhamdulillah mama kemudian ingat di salah satu bungkus ketupat instan yang pernah mama beli terselip bonus santan sebungkus! Alhamdulillah,..tinggal rendangnya aja nih yang nunggu kedatangan papa, soalnya daging masih belum ada di kulkas. Ketika sampai di rumah, ternyata papa lupa beli santan euy,.. mungkin papa udah kebanyakan titipan mama nih hehehe selain juga udah kecapekan pulang kerja dan acara kantor. Alhamdulillah masih ada sisa santan karena memang mama sisakan ketika membuat sayur buncis, khawatir santan kehabisan di supermarket. Well, syukurlah semua akhirnya bisa diatasi. Dan papa baru mama kasih tahu soal kelupaan beli santan setelah habis makan ketupat. Hehehe.. it's ok, dear, jadi juga makan ketupanya kaaan...mama malah merasa sedikit tertantang untuk tetap mewujudkan semuanya dengan apapun kondisinya karena memang udah niat dari awal..:-)

Menjelang malam, papa telpon. Rupanya baru ingat malam itu ada acara kantor di KLCC jadi pulang agak malam. Untung mama nggak nunggu-nunggu papa untuk mulai masak sejak sore.Tadinya kepikir kalau ada papa Kira-Ziya jadi lebih bisa dialihkan perhatiannya dari mama. Ya semua mungkin memang udah terkondisi dan berjalan begitu saja ya. Mama mulai aja semuanya pelan-pelan waktu itu. Udah nyicil aja mama akhirnya betul-betul selesai menyiapkan semua jam 2 malam! Maklum,.. diselingi sama interupsi Kira-Ziya tiap sebentar yang sepertinya nggak rela mama berada lama-lama di dapur nyiang buncis, motong-motong nenas-timun-wortel untuk acar segar dan sebagainya. Belum lagi tiap bentar pipis, tiap bentar berantem berdua, teriak sana-sini, hehehe,.. kalau udah gitu seperti biasa artinya 'freeze!', stop urusan dapur dan meluangkan waktu sebentar untuk beresin soal para bidadari manis yang udah makin pinter nyari perhatian dan bikin rumah rame hehehe.

Begitulah, mama langsung nyari akal untuk bikin para bidadari teralihkan dari minta gendong dan minta ditemenin baca buku. Kesempatan ngajak main masak-masakan. Mama ambil dengklek kecil dari gudang, membiarkan Kira-Ziya duduk sebentar memperhatikan. Yang ada tiap bentar nanya, itu apa, ma? mau diapakan? dipotong-potong ya? dipegang boleh? pisaunya tajam ya? diminta boleh? dimasukin plastik boleh? untuk apa itu? bahasa inggrisnya apa? yang itu gunting ya? nggak boleh dipegang ya? .....dan pertanyaan-pertanyaan ajaib selanjutnya hehehe. Beberapa buncis harus direlakan terbang bolak-balik dapur-kamar bermain. Ada yang dimasukkan ke plastik, ada yang dipotong-potong sama Kira-Ziya entah dengan apa, nggak apa,.. yang penting kita semua have fun! Nanti kalau besar bantu mama masak beneran ya kan? ya kan?ya nggak?..hehehe


Wuiiih,.. ternyata capek juga ya, punggung pegel, kaki pegel, semua pegel..tapi nggak terlalu dirasakanlah. Soalnya excited banget! Mama lagi semangat nih,. Ini kan kali pertama mama menyiapkan makanan hari raya sendiri buat keluarga tercinta. Maksudnya bener-bener tanpa asisten. Semua dimulai sendiri, pelan-pelan, ya dinikmati.. Setelah Kira-Ziya tidur, papa bangun menjelang tengah malam. Makasih udah nemenin ya, dear. I love you so much!

Menjelang jam 2 dini hari papa mulai rajin bolak-balik: dapur-ruang tv-cek internet-dapur-bikin kopi-nyari cemilan-nonton tv-cek internet-dapur lagi, dan seterusnya. Heran mama masak nggak selesai-selesai juga ya, dear?

" Udah selesai masaknya, sayang?"

" Belum.. rendangnya masih belum mantep nih,..bentaaaarrr lagiii,..papa udah ngantuk banget ya? nggak apa bobo aja..."

" Nggak mauuuu...mas dim mau nemenin iin...."

Owwww... you are so sweet...

" Makasih ya sayanggkuuuww, cintakuuuww....". I love to be accompanied. Seneengg banget ditemenin sampai semuanya selesai...

Dari hal kecil sampai penganan utama, akhirnya kelar menjelang dini hari. Alhamdulillah... leganya... Sebetulnya papa udah bilang nggak perlu terlalu repot, kan cuma kita ber-5 aja yang merayakannya di rumah. Tapi mama memang ingin coba buat sesuatu yang spesial,..boleh doong... meski jauh dari keluarga besar dan tanah air tercinta, kita tetap bisa menikmati apa yang biasa kita nikmati bersama...sekalian ngetes kemampuan mama bikin makanan hari raya niiiyy...

Nah, nggak sia-sia kaaan... besok paginya setelah Sholat Ied, kita semua menikmati ketupat lengkap seperti biasa,...Ayamnya memang bukan ayam goreng tapi ayam opor, mama pikir pasti papa udah kangen makan opor lebaran karena menu di keluarga papa biasanya kan sambal goreng+opor. Berhubung sampai detik terakhir nggak ketemu kerupuk kulit atau rambak, jadi mama nggak bikin sambal goreng deh. Setelah makan, Eyang bilang mama udah tambah pinter masak nih... hehehe.. suit suiiittt! ..deeuu ge-er lagiiiii....

Oma-Opa-mimi Nila di Jakarta aja mungkin nggak percaya pas mama telpon dan ceritakan...
Pagi itu Opa sms kira-kira gini, " hari ini kita makan ketupat, sayur buncis, ayam goreng, rendang.."
Oma juga sms, " mama lagi mau goreng risoles nih ..."

Mama pun balas sms, " sama doongg... tapi selain ketupat lengkap kami juga ada ketan plus serikaya dan opor ayam...nggak ketinggalan risoles dan martabak dong...hehehe"

Jawaban Opa dan Oma pas mama telpon, " wah,..canggiiiihhh...."
Cieee.. menu yang mama siapkan lebih lengkap dari Oma di Jakarta lho! hehehehe. Sipp nggak tuh! Tengkyu Oma untuk tips dan trik bikin rendang dan sayur ketupat lengkap, mama jadi agak rajin telpon menjelang persiapan untuk memastikan semua ok.

Hanya serikaya-nya masih bikin penasaran euy,.. pasti mama ada kesalahan teknik dikit nih... next time mau coba buat lagi ah,.. sampai mantep. Ziya dan Kira ternyata suka sekali makan ketan-nya. Nah, ini mama dapat dua teknik yang berbeda cara memasaknya. Versi pertama mama buat cara Oma, versi kedua mama buat cara Eyang. Soalnya setelah habis, Ziya besok-nya nanya lagi, " Ketannya mana? Ziya mau makan ketan aja maa..."

Well, cara Oma maupun Eyang hasilnya sama ok-nya, hanya beda tekniknya aja. Cihuyy lah!

Ini dia beberapa penganan kita hari itu,








Besoknya ketupat masih lumayan banyak, sayur buncis udah mulai sedikit. Serikaya masih ada, ketannya udah mama buat lagi. Hmmm...lihat-lihat isi lemari dapur, mama jadi punya ide untuk memberdayakan yang ada nih. So, jadilah menu besoknya ketoprak ala mama. Kenapa ala mama? soalnya selain bumbu kacang, bawang goreng, ketupat, bihun, tahu goreng, juga ditambah telur rebus dan iris tipis kol segar sebagai pengganti toge dan... acar! Hehehehe... Rasanya?
Coba aja bikin deh,..nggak susah bahan-bahannya kan...







Ok,.. mmmm.... seperti apa yang sering di teriakkan Dora dan Booth sahabatnya setiap kali selesai melakukan sesuatu: I did it! Yeah!









No comments:

Bunga-Bunga Cantik Sepanjang Liburan Masih ingat ya, dengan cerita mama tentang bunga-bunga cantik di sini Nah, ini beberapa pohon d...