Thursday, October 01, 2009

KAMI PAKAI BATIK HARI INI!


Pasti sudah pada tahu kan, bahwa tanggal 2 Oktober 2009 ini lembaga PBB untuk Pendidikan, Sains, dan Budaya (UNESCO) bakal menetapkan batik sebagai warisan budaya dari Indonesia (the world cultural heritage of humanity from Indonesia).

Kebetulan di sekolah Kira dan Ziya hari ini, Jum'at 2 Oktober 2009, diadakan Hari Raya Open House for children sebagai bagian dari culture curriculum for festivals. Anak-anak rencananya akan dikenalkan dengan tradisi Malaysia dalam merayakan Hari Lebaran, termasuk bagaimana mengucapkan salam, memperkenalkan beragam pakaian tradisional Malaysa dan mencicipi berbagai makanan tradisional selama Lebaran. Untuk mendukung kegiatan ini, anak-anak disarankan datang ke sekolah dengan menggunakan pakaian tradisional Malaysia.

Maka hari ini kita semua memakai batik :-)
Kira dan Ziya memakai baju kurung buatan Oma dengan sentuhan batik Indonesia pada ujung-ujungnya. Nggak ketinggalan kerudung cantik hadiah ramadhan kemarin dari mama dan papa. Sampai di sekolah, Kira dan Ziya menjadi satu-satunya murid yang pakai kerudung dan para teacher jadi kesulitan membedakannya :-)

Mama juga nggak mau ketinggalan dong, memakai batik yang desain maupun modelnya juga dijahitkan langsung oleh Oma ketika kemarin ini kita libur ke tanah air.

Papa lagi pakai apa ya di rig tengah laut sana? Baju merah lengkap plus sepatu besi khusus untuk inspeksi lapangan itu kali ya! Hehehe (wish you are here, cintakuww!)

Mencintai budaya tanah air dan menumbuhkan semangat nasionalisme, memang nggak harus dengan memakai batik sih, tapi dengan memakainya hari ini, rasanya kami jadi semakin bangga akan kekayaan budaya bangsa dan tentu saja jadi semakin rindu pada Indonesia tercinta.
Selamat hari batik nasional !

2 comments:

unil said...

waaaaaaaaaaaaah....:)
semuanya makin cantik dengan batik!
yay hidup kebudayaan Indonesia!
(yang sebenernya masih banyak baaaanget selain batik heheh)

mimi hari ini pake batik juga lhooo!
heheheh

:)

Irayani said...

baiknya kalau dalam sebulan ada hari khusus untuk pake batik ya? :D
hidup indonesian batik!