Sunday, January 18, 2009

LUMUT, JAMUR, SAGA & SATU LAGI BUNGA FAVORIT MAMA: GOLDEN SHOWER

Waktu lagi asik main di KLCC Park, mama melihat lumut, sekumpulan jamur dan sebutir buah saga di bawah sebatang pohon.Kira-Ziya belum pernah lihat langsung dari dekat. So kita sama-sama menikmatinya.
Begitu sadar yang dilihatnya bernama jamur, Kira spontan tanya "Bisa dimakan nggak ma?", soalnya para bidadari lagi seneng banget makan jamur kancing hehehe.
Besok-besoknya, ketika mampir ke KLCC Park lagi kita mengelilingi bagian yang jarang kita kelilingi dan menemukan pohon saga dengan butir-butir merahnya di mana-mana.

Asiknya bisa mengeksplorasi alam sekitar.. kapan lagi bisa mengorek-ngorek tanah, mengumpulkan bunga kemboja yang jatuh ke atas rumput, memperhatikan bunga dan bentuk daun-daun kering, mencungkil buah-buah saga dari antara paving blok di jembatan itu kan?(dengan catatan habis itu cuci tangan yang bersih lagi lho di sumber air terdekat!)
Buah saga mengingatkan mama pada masa kecil yang manis dulu. Mama selalu penasaran apa betul buah itu bisa digongseng dan dimakan seperti kacang seperti informasi yang pernah sampai ke telingan mama ketika kecil.
Kalau next time ketemu pohon tanjung, mama akan kumpulkan bunganya dan rangkai jadi kalung seperti yang pernah oma buatkan. Mimi nila pasti inget juga kan ya, gimana kita sering iseng makan buah Tanjung yang ranum merah di sepanjang jalan menuju pulang sekolah di Ujung Pandang? Kok dulu pede aja masuk mulut dan ngak khawatir beracun atau tidak ya? (And you know what? Pas kuliah di kampus, mama dan mimi pernah iseng makan lagi tuh buah Tanjung yang ranum di pinggir gedung kuliah! Rasanya?? Ampuuuunn pahit dan aneh! Hahaha!)
Well, selalu asik buat mama berjalan di taman. Apalagi ketika kemarin ini menemukan pohon dengan bunga kuningnya yang cantik banget menjurai bergerombol di dekat kolam permainan air anak-anak, namanya Golden Shower (Cassia Fistula). Bener-bener seperti hujan bunga warna kuning keemasan ditimpa sinar matahari! Dari bentuknya kayaknya sih masuk bagian keluarga anggrek-anggrekan. Subhanallah, lupa motret saking terpesonanya ;-)
Cihuyy..nambah deh bunga favorit mama!

1 comment:

unil said...

hahahahha...bukan buah tanjung doang yang masuk mulut....daun 'bunga pukul 9' pun pernah dicobain! rasanya pait! hahaha iya lah orang ngga boleh di makan... :D

tapi dulu mimi paling senang makan madu dari bunga kumis kucing dan bunga2an lainnya...hahah:) seruuuuuuuu

btw buah saga jadi inget jayapura yaaaa...kalo jalan2 ke taman yang di kegubernuran pasti pulangnya bawa banyak buah saga yang di simpen di kantong hehehe :P